Tuesday, March 5, 2013

Khauf (Rasa Takut) dan Raja' (Harapan)

Aku bermimpi melihat diriku berada di suatu tempat yang mirip dengan masjid. Di dalamnya, ada suatu kaum yang khusyuk beribadah. Maka, aku berkata, "Andai saja mereka memiliki seorang fulan yang akan mengajarkan mereka dan menunjuki mereka." Kemudian, aku menunjukkan kepada mereka seorang laki-laki shalih. Orang-orang itu berkumpul di sekelilingku, dan salah seorang di antara mereka berkata, "Kenapa kamu tidak berbicara?"

Lalu, aku menjawab, "Apakah kalian ridha jika aku melakukannya?" Kemudian, aku melanjutkan pembicaraan, "Jikalau kalian memutuskan diri kalian dari makhluk dengan Al-Haq, maka janganlah meminta apa pun kepada manusia dengan lisan kalian. Apabila kalian meninggalkan hal itu, maka janganlah meminta kepada mereka dengan hati kalian, karena meminta dengan hati sama kedudukannya seperti meminta dengan lisan. Kemudian, beramallah karena Allah Swt. yang berkuasa dalam mengubah dan mengganti, serta meninggikan dan merendahkan."

Aku melanjutkan perkataanku, "Ada kaum yang ditinggikan-Nya sampai ke 'llliyiin, dan ada pula kaum yang dihancurkan-Nya di neraka terbawah. Harapan mereka adalah agar Allah Swt. mengabadikan dan menjaga mereka untuk terus berada dalam ketinggian yang mereka jalani sekarang ini. Dan, ketakutan orang- orang yang dihancurkan di neraka paling bawah adalah jika Dia mengabadikan mereka dalam kehancuran yang mereka jalani. Harapan mereka, agar Dia meninggikan mereka ke 'llliyyin."
Setelah itu, aku terbangun.

Dikutip dari : Kitab Nasihat dan Wirid Syekh Abdul Qadir Al-Jailani
------