Saturday, February 9, 2013

Al-Baqarah : ayat 79

Allah Ta'ala berfirman :

"Maka kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang menulis Al Kitab dengan tangan mereka sendiri, lalu dikatakannya : "Ini dari Allah", (dengan maksud) untuk memperoleh keuntungan yang sedikit dengan perbuatan itu. Maka kecelakaan yang besarlah bagi mereka akibat apa yang ditulis oleh tangan mereka sendiri, dan kecelakaan besarlah bagi mereka, akibat dari apa yang mereka kerjakan." (QS. Al Baqarah: 79)

Imam Bukhari RA mengatakan dalam kitabnya "Khalqu af'ali al 'ibad" hal. 54 : "Yahya telah menceritakan kepada kami, Waki' telah menceritakan kepada kami dari Sufyan dari Abdurrahman bin Alqamah dari Ibnu Abbas :

"Maka kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang menulis Al Kitab dengan tangan mereka sendiri". Ia berkata: "Ayat ini turun ditujukan bagi Ahli Kitab".

Hadits ini para perawinya shahih, kecuali Abdurrahman bin Alqamah. Nasa'i dan Ibnu Hibban serta al 'Ijli telah mentsiqahkannya. Dan Ibnu Syahin berkata: "Ibnu Mahdi mengatakan: "Ia termasuk al Atsbat dan tsiqat (orang yang terpercaya)". Selesai (Tahdzib attahdzib).

Dikutip dari Kitab Shahih Asbabun Nuzul – Syaik Muqbil bin Hadi al-Wadi’i
**********