Thursday, January 17, 2013

Perintah Dzikir dalam Al Qur'an Al-Karim

Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Qur'an dan dirikanlah Shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan perbuatan keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (berdzikir) adalah lebih besar keutamaannya dari ibadah ibadah yang lain. Dan Allah mengetahui apa yang kalian kerjakan (QS Al Ankabut : 45)

"Yaitu orang orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah hanya dengan mengingat Allah lah hati menjadi tenteram" (QS. Ar-Ra'du :28)

"Karena itu, ingatlah kalian kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepada kalian bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kalian mengingkari (nikmat) -Ku" (QS. Al-Baqarah :152)

"Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman." ( QS 4:103)

"Sungguh beruntunglah orang yang membersihkan diri (dengan beriman), dan dia ingat nama Tuhannya, lalu dia mengerjakan Shalat" (QS. al-A'la :14-15)

"Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagi kalian, yaitu bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah juga (kedatangan) hari kiamat, dan dia banyak mengingat Allah (berdzikir)" (QS. Al-Ahzab :21)

"Dan ingatlah Tuhanmu (berdzikirlah) dalam hati dengan merendahkan diri dan penuh rasa takut, dengan tidak mengeraskan suara di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang orang yang lalai" (QS. Al-A'raf : 205)

"Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mu'min1219, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam keta'atannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu', laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar." (QS. Al-Ahzab :35)

"Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung." (QS. Al-Jumu'ah: 10)

"Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri229, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali Imran : 135)

"Hai orang-orang yang beriman. apabila kamu memerangi pasukan (musuh), maka berteguh hatilah kamu dan sebutlah (nama) Allah sebanyak-banyaknya620 agar kamu beruntung." (QS. Al-Anfal :45)

"Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang." (QS. Al-Ahzab : 41-42)