Wednesday, January 2, 2013

Mengikat Kaki Unta

Kafilah telah berjalan selama ber jam jam, kelelahan menyelimuti mereka, demikian pula unta unta yang mereka tunggangi. Sesampainya di oasis, mereka menyuruh unta unta mereka duduk. Rasulullah Saw yang ikut dalam kafilah tersebut juga memerintahkan untanya duduk, kemudian beliau turun. Semua orang turun dari unta dan bergegas menuju oasis untuk berwudhu, begitupun Rasul Saw. Setelah beberapa langkah, tanpa berkata kepada siapapun, Rasul Saw kembali ke untanya. Betapa terkejutnya para sahabat, mereka menyangka Rasul Saw tidak menyukai tempat itu dan akan menyuruh mereka pergi dari sana. Sambil memasang telinga dan memerhatikan dengan seksama, mereka menanti perintah Rasul. Para sahabat takjub dan kagum melihat Rasul Saw ternyata menghampiri untanya, mengambiltali, dan mengikat kaki untanya, kemudian kembali ke tujuan semula.

Para sahabat serentak mengucapkan "Wahai utusan Allah, mengapa tidak kau perintahkan kami saja untuk melakukannya, mengapa kau menyusahkan diri sendiri sementara kami akan berbangga hati melayanimu?"

"Jangan pernah meminta pertolongan untuk urusan pribadimu dan jangan berhutang pada siapapun, meski hanya sebatang tusuk gigi" jawab Rasul Saw.

Dikutip dari : The Best Chicken Soup (Persembahan Nabi dan Keluarganya) karya Murtadha Murthahhari