Monday, April 6, 2009

Google Emang Beda

Tahukah anda bahwa di Amrik sono, Google Inc adalah perusahaan yang paling diminati orang untuk bekerja. Tidak kurang dari 1300 lamaran datang tiap harinya. Ingat tiap hari berarti kalau sebulan ada kurang lebih 39000 pelamar !!

Pertanyaannya adalah ….. Apa sih hebatnya Google sampai bisa menjadi perusahaan yang paling diburu para pelamar mengalahkan perusahaan - perusahaan yang lebih dulu eksis seperti GE, Citibank, Monsanto, Microsoft atau pun Coca Cola ? Sembilan dari sepuluh orang ternyata menyebut hidangan lezat gratis yang menjadi alasan kenapa mereka menyukai kerja di Google (woo ala ternyata gak beda jauh ya sama orang sini kalau masalah perut he he) terkesan agak berlebihan ya kayak bunyi iklan sampo, tapi ini hasil survey lho. Yang membedakan dari perusahaan lain Google menyediakan makan gratis nan lezat sekali dengan aneka minuman berbeda yang disukai karyawannya.
Mereka merekrut koki hebat Charlie Ayers (denger denger doi mantan koki hotel Hotel Waldorf Astoria, salah satu hotel termewah di Amerika). Merekrut koki kelas dunia ini rupanya salah satu ide dari Sergey Brin (salah satu pendiri Google) dalam memandang masalah perut yang kerap kali dianggap tidak penting oleh perusahaan lain. Makanan yang baik, sehat, gratis untuk karyawan akan menjadikan Google berbeda dari perusahaan yang lain. Berani berbeda !
Spirit pendiri Google ini menulari karyawannya seperti Ayers “Tujuan saya setiap hari” katanya, adalah menciptakan suasana bahwa disini orang bukan sedang bekerja, melainkan sedang menjalani semacam liburan. Ini termasuk andilnya untuk turut serta memperkuat kultur bersenang-senang, yang dari awal dicanangkan oleh Brin dan Larry Page.
So jangan heran ketika suatu hari Brin dan Page menyewa Gedung Bioskop dekat kantor selama 24 jam, Semua karyawan dan keluarganya mendapat ticket gratis untuk menonton film Star Wars. Untuk menyenangkan karyawan, kamar mandi kantor dilengkapi toilet otomatis mewah dengan enam tingkat panas di tempat dudukannya (wah gimana rasanya ya ??, yg pasti asyik bagi yg udah pernah merasakannya, anget dan bingung pertama kali makainya he he). Googleplex juga dilengkapi dengan Spa, fitness center, kolam renang (kalau ini kantor kita juga punya ya…). Buat karywan juga disediakan fasilitas laundry modern untuk cuci baju dan setrika (ini juga ada kita ya, Cuma …..)
Makanan lezat dan kultur bersenang senang hanyalah sebagian dari kisah bagaimana Google dikelola, di Google ada aturan khusus, dari lima hari kerja, satu hari harus digunakan oleh para soft ware engineer untuk mengerjakan proyek apapun yang mereka senangi, Aneh kan he he …. (kalau di tempat kita ada aturan begini kira kira apa ya yang mereka lakukan …. :p).
Semua hal di atas membuat para pesaing bisnisnya jadi bingung, mereka melihat Google sebagai perusahaan yang bekerja tidak dengan motivasi untuk berperang melawan kompetitornya, dan sedapat mungkin tidak menciptakan musuh. “Google tidak anti siapapun” kata John Miller dari American On Line (AOL), begitulah suasana Google yg didirikan di tahun 1998, Google kini sudah mengalahkan Microsoft sebagai tempat yang paling diincar pakar Teknologi Nomor Satu di Dunia.