Tuesday, March 3, 2009

Together Everyone Achieves More

Pada suatu hari sebuah mobil terperosok di sebuah jalan pedesaan. Makin digas oleh si pengemudi, mobil tersebut makin terbenam di lumpur. Sambil menunggu pasrah, si pengemudi melihat seorang tua dan seekor keledai tua berjalan ke arahnya. Ia bertanya, "Pak, apakah ada orang yang mampu mengeluarkan mobil saya dari lumpur?" Sang petani berkata, "Si Hitam ini pasti dapat menarik mobil Anda keluar dari lumpur." Dengan tampang tak percaya anak muda itu berkata, "Apakah Bapak yakin si Hitam ini mampu?" (dengan tatapan pasrah dan tidak percaya). "Saya yakin, " sahut petani tua itu.

Setelah mengikat tali ke tubuh si keledai sang petani berteriak, "Ayo tarik Abu! Ayo tarik Putih! Ayo tarik Cokelat! Ayo tarik Hitam" Si Hitam pun mengeluarkan seluruh kekuatannya dan berhasil menarik keluar mobil itu. Anak muda itu tercengang dan berterima kasih kepada si bapak petani dan keledainya, namun kemudian ia bertanya, "Mengapa Anda memanggil beberapa nama sebelum memanggil si Hitam ? Sang petani tersenyum dan berkata, "Si Hitam ini sudah tua dan mulai rabun, selama ia merasa ada keledai-keledai lain yang juga ikut menarik dalam satu team, ia yakin dan bersemangat untuk menarik apa saja. " Tepat sekali, ada dua hal penting yang dapat kita renungkan dari cerita ini; pertama, kekuatan satu team pasti akan melebihi kekuatan dari satu individu dan hal yang terpenting bahwa keyakinan bekerja dalam satu team yang solid dapat mencapai hasil yang terbaik bagi semua anggota team.

Zi Yan dan Jie Cheng, pasangan ganda putri China pertama yang berhasil meraih gelar utama dalam kejuaraan Australia Terbuka dan Wimbledon. Anehnya, jika mereka dipisahkan tidak akan ada kekuatan dalam individualitas mereka, lagipula ranking WTA (World Tennis Association) jauh dibawah lawan-lawan mereka. Pasangan China lainnya, peraih medali emas tenis Olimpiade Yunani 2004, Li Ting dan Sun Tian Tian juga bukan pemain Top-25 dunia. Kekuatan team mereka bahkan mampu mengalahkan dua tunggal putri terbaik yang digabung sekalipun. Mau tahu apa rahasia di balik kemenangan yang gemilang itu? Kekompakan dan saling mendukung; masing-masing pemain memiliki kekuatan dan kelemahan, mereka mampu saling mengisi. Jika dibandingkan dua single yang kuat, kekuatan mereka besar tetapi mereka tidak saling mendukung, tidak saling mengisi, dan mengutamakan ego masing-masing, sehingga mereka tidak menjelma menjadi team yang kuat.
Pernahkah Anda melihat sekelompok kawanan angsa yang terbang di udara? Cobalah perhatikan formasi terbang mereka bentuknya seperti huruf "V". Dengan terbang dalam formasi ini, kawanan angsa mampu terbang 71% lebih jauh ketimbang jika mereka terbang sendirian. Dalam satu kawanan ini, setiap angsa memberikan dorongan dan semangat bagi pemimpinnya untuk terus berusaha terbang lebih jauh. Ketika sang pemimpin terlihat lelah, angsa lain akan mengambil alih posisi pimpinan rombongan. Kesimpulannya, usaha team akan mampu mengalahkan usaha individual. Tepat apa yang dikatakan oleh pepatah berikut ini, "Tidak ada kata I (saya) di dalam kata TEAMWORK"

By Darmadi Darmawangsa "Cahmpion"