Saturday, February 28, 2009

Decisions Breed Champions

Hal yang membedakan antara mereka yang sukses dan mereka yang biasa-biasa saja adalah kemampuan untuk mengambil keputusan. Tahukah Anda bahwa kehidupan yang Anda miliki saat ini adalah hasil dari keputusan-keputusan yang Anda ambil pada masa yang lalu ? Demikian juga kesuksesan Anda pada masa mendatang semua-bergantung pada keputusan-keputusan yang akan Anda ambil mulai hari ini. Dengan mengambil keputusan untuk melakukan tindakan terbaik Anda hari ini, Anda tidak akan lagi menyesali masa lalu Anda. Juga, Anda tidak perlu mengkhawatirkan masa depan selama Anda memberikan yang terbaik hari ini, karena kekhawatiran itu akan sirna oleh sebab komitmen Anda hari ini.

Simaklah rahasia sukses dari juragan minyak kaya H.L. Hunt Ia mengambil kesimpulan bahwa sukses hanya membutuhkan dua hal. Pertama seseorang harus menentukan secara pasti apa yang benar benar diinginkannya, namun sayangnya kebanyakan orang tidak mampu mengambil keputusan ini. Kedua, seseorang mesti dapat menentukan berapa harga yang harus dibayar untuk mendapatkan apa yang diinginkannya dan kemudian berfokus untuk membayar harga itu.
Pernahkah Anda ke restoran dan tidak dapat mengambil keputusan makanan apa yang akan dipesan? Atau pemahkah Anda ke bioskop dan tidak dapat mengambil keputusan film apa yang ingin Anda tonton?
Seorang juara telah memutuskan apa yang ia inginkan dalam hidup ini. Kemudian ia mengambil tindakan-tindakan untuk memperkuat keputusannya. Mereka yang bukan juara dihalang oleh keragu-raguan untuk mengambil tindakan. Indecision (tidak mengambil keputusan) dapat mengakibatkan inaction (tidak bertindak). Inaction akanmembawa Anda pada hal-hal yang tidak Anda inginkan.
Jika seseorang mengiklankan rumahnya untuk dijual dengan harga 500 juta rupiah, menurut Anda, apakah ada orang yang akan menelepon dan berkata, "Wah rumah Anda pasti bagus, saya akan beli dengan harga 750 juta. " Pasti tidak, paling bagus pun Anda mendapatkan penawaran yang sesuai dengan keinginan Anda. Jadi, setelah melakukan perencanaan yang detail, membuat deadline yang jelas, dan mengambil tindakan untuk mewujudkan mimpi Anda, Anda akan bersyukur jika hasilnya mendekati tujuan Anda.
Kesimpulannya, keputusan Anda untuk menentukan dan mengambil tindakan terhadap tujuan Anda akan membawa Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan. Ralph Waldo Emerson menekankan pentingnya pengambilan keputusan, bahwa ketika Anda mengambil keputusan, alam semesta akan bersekongkol untuk mewujudkannya. KetikaAnda harus mengambil sebuah keputusan, setelah mempertimbangkannya dengan matang, ambillah pilihan yang paling Anda yakini dan bertindaklah segera.

By : Darmadi Darmawangsa dalam Champion