Sunday, January 4, 2009

A Litle Extra

Apakah saat ini Anda merasa bahwa hidup terlihat monoton dan kurang bergairah? Claude T. Bissell memberikan solusi praktis untuk menemukan kembali gairah dalam hidup ini. Pertama, ambillah risiko melebihi batas aman menurut keyakinan banyak orang. Hidup ini terasa kurang menantang karena sering kali kita sendiri tidak melibatkan diri kita ke dalam hal-hal yang menantang.

Tentunya, ada risiko di balik setiap tantangan yang berani kita ambil, namun risiko itulah yang dapat membuat diri kita maju. Bill Gates, billiuner terkaya di dunia yang memiliki kekayaan setara 500 triliun rupiah (Majalah Forbes, 2007) adalah seorang yang cerdik dan berani mengambil risiko. Ketika IBM membutuhkan operating system (OS) untuk personal computer IBM PC, perwakilannya Jack Sams menghubungi Gates. Bill temyata tidak mampu memenuhi pesanan IBM itu dan merekomendasikan Gary Kildall, pemilik Digital Research (DRI), seorang ahli yang mampu memenuhi pesanan IBM. Kildall tidak meihat peluang raksasa di depan mata, ia malah menyuruh istrinya untuk melakukan negosiasi. Pihak IBM merasa kecewa karena pihak DRI lamban dalam mengambil keputusan dan meminta Gates untuk mencari rekanan yang lain. Saat itu, Gates menyadari bahwa ada kesempatan bisnis besar yang terbentang di depan mata. Gates kemudian meminta Tim Patterson, pemilik Seatle Computer Product untuk membuat 86-DOS dan meminta lisensi penuh atas produk itu. Ketika ia melihat kesempatan, ia tidak menyia-nyiakannya, walau ia tidak memiliki apa yang diinginkan IBM, ia memutar otak dan mencari solusi. Keberanian Gates disertai naluri bisnisnya yang tajam membuatnya menjadi orang terkaya di dunia. Kedua, berikanlah perhatian melebihi perhatian yang diberikan orang pada umumnya. Mengapa? Apa pun profesi dan pekerjaan Anda, pastilah melibatkan hubungan dengan sesama manusia. Dengan miningkatkan perhatian kepada pelanggan dan orang-orang di sekitar Anda, kesuksesan dan kebahagiaan telah menanti Anda. Joe Girard, adalah seorang salesman yang mengerti konsep mengutamakan pelanggan. Ia adalah pemegang rekor dunia penjualan mobil yang tercatat di dalam Guiness Book of Record setelah mampu berhasil menjual 13.001 mobil dalam kurun waktu lima belas tahun. Kemampuannya mengenali . pelanggannya telah membuat para pelanggan mengajak teman-temannya untuk membeli mobil dari Girard. Inilah kunci sukses Joe Girard yang menjadikannya seorang juara di bidangnya.

Ketiga, bermimpilah lebih-besar dibandingkan mimpi kebanyakan orang. Mengapa? Mimpi yang besar akan memberikan dorongan yang besar untuk mengeluarkan kekuatan yang terpendam di dalam diri Anda. Steven Spielberg adalah seorang pemimpi sejati. Mimpinya mampu menelurkan film-film box office yang berhasil memberikannya pemasukan senilai 80 triliun rupiah. Film-film seperti Jaws, E.T., Jurrasic Park adalah contoh hasil dari mimpi-mimpi hebat seorang Spielberg. Keempat, selalu berharap mendapatkan lebih daripada apa yang diharapkan oleh orang lain. Mengapa?
Dengan memiliki ekspektasi positif terhadap hidup ini, Anda akan bergairah dan tetap bersikap positif walau tantangan menghadang dan terus berusaha mengambil tindakan demi tindakan agar mimpi Anda tercapai,. Kolonel Sanders adalah contoh juara yang mempunyai ekspektasi yang luar biasa. Bagaimana tidak, ia bahkan tetap bersemangat untuk meyakinkan pemilik restoran ayam untuk membeli resep ayam ibunya, sebuah ekspektasi besar yang mampu membuatnya rela mengetuk sampai pintu yang ke-1009 sebelum idenya diterima oleh investor. Sanders layak menjadi seorang juara karena harapannya bukanlah sekadar menjadi pemilik restoran ayam tetapi ia mampu mengubah cara hidup bukan hanya masyarakat Amerika Serikat pada umumnya tetapi juga memperkenalkan resep ibunya sampai menyebar ke seluruh dunia. Bukankah keempat solusi ini telah dibuktikan oleh mereka-mereka yang berhasil meraih kesuksesan baik pada masa lalu, saat ini, dan pada masa mendatang?

By Darmadi D