Sunday, January 25, 2009

The Cassete Inside Your Head

Kata "impossible" (tidak mungkin) adalah kata yang dilontarkan oleh banyak orang terpelajar pada zaman Christopher Columbus ketika ia meminta persetujuan dari ratu Spanyol untuk berlayar ke arah barat, demi menemukan timur dalam hal membuktikan bahwa bumi ini bulat. Kata "impossible" juga adalah kata ejekan yang dilontarkan mereka setelah mendengar ide edan Thomas Edison yang berniat menciptakan bola pijar. Bahkan, kata ini didengungkan lebih dari ribuan kali sejalan dengan
kegagalan demi kegagalan yang dihadapi olch Edison. Kata Imposible (tidak mungkin) adalah tertawaan banyak orang kepada Wright bersaudara ketika Orville Wright mengumumkan mimpi mereka untuk menciptakan “burung besi" yang dapat terbang di angkasa.

Kata Imposible adalah decak tawa mereka yang negatif ketika Nelson Mandela berdoa dalam penjara mengenai impiannya melihat demokrasi yang tidak memandang warna kulit terjadi di Afrika Selatan.

Kata “imposible” mungkin juga telah anda dengar berkali kali ketika Anda menceritakan impian hidup Anda. Namun, janganlah berkecil hati, karena mereka yang juga mendengarkan hal-hal yang sama saat ini akan dikenang sebagai orang-orang yang luar biasa. Ada satu hal yang paling penting melebihi kata impossible yang dilontarkan orang kepada Anda,
yaitu keyakinan yang teguh bahwa hal itu dapat tercapai dan merupakan keinginan yang kuat untuk terus dicoba sampai apa yang Anda impikan tercapai.

Kata impossible hanyalah kata-kata yang sering diucapkan oleh mereka yang memiliki keyakinan lemah. Hal tersebut diakibatkan oleh pikiran-pikiran negatif yang selama ini bersemayam di pikiran seseorang. Pikiran kita terbentuk dari informasi yang diberikan secara berulang kali. Di dalam pikiran kita terdapat ''kaset'' yang terus menerus diputar sesuai dengan keyakinan yang kita percayai. Orang-orang negatif memasukkan informasi negatif ke dalam "kaset" pikirannya sehingga pikiran mereka memengaruhi tindakan mereka dan menghasilkan hasil sesuai dengan keinginan pikiran mereka. Tengoklah beberapa kalimat negatif di bawah ini, apakah Anda juga menggunakan kaset yang sama dengan mereka yang negatif?

- Saya merasa kurang cerdas.
- Saya tidak akan dan tidak mungkin meraih kesuksesan yang sayainginkan.
- Saya tidak pernah mampu menyelesaikan suatu pekerjaaan sampai tuntas.
- Apa pun yang saya lakukan, pasti hasilnya biasa-biasa saja.
- Saya tidak akan marnpu mengubah kebiasaan buruk saya.
- Saya terlalu muda untuk diberi tanggung jawab sebesar ini.
- Saya terlalu tua untuk kembali ke bangku sekolah.

Apa pun yang bersemayam di dalam pikiranAnda, hal itu akan cenderung terjadi dalam hidup Anda. Jika Anda terus menerus memercayai apa yang Anda yakini saat ini, Anda akan terus menerus mengambil tindakan seperti tindakan-tindakan Anda sebelurnnya. Dan jika Anda terus menerus mengambil tindakan yang sama, Anda akan memperoleh hasil yang sama juga Jika Anda menginginkan hasil yang berbeda saat ini, Anda hanya perlu mengganti kaset yang ada di pikiran Anda. Ingatlah, pikiran Anda akan memutar setiap "kaset" yang Anda berikan padanya. Pikiran Anda akan segera membentuk citra diri Anda dan hal itu akan berlanjut pada setiap tindakan Anda dan tentu memengaruhi hasil dalam kehidupan Anda.

By Darmadi Darmawangsa dalam Champion