Thursday, December 11, 2008

Do You Know Where You're Going?

Pada suatu hari di sebuah persimpangan jalan di perbatasan kota, seorang anak muda yang sedang mengendarai mobilnya berhenti. Ia terlihat kebingungan; sementara itu, di salah satu sudut jalan di bawah pohon rindang terlihat seorang kakek bijak sedang duduk santai sambil mengisap kreteknya. Sang anak muda menghampiri sang kakek dan bertanya, "Kek, jalan mana yang harus saya ambil?" Kakek itu balik bertanya, "Kamu ingin pergi ke mana?" "Tidak tahu," jawab anak muda itu. Kakek bijak itu pun berpikir sejenak dan kemudian menjawab, "Jika kamu tidak tahu mau ke mana, tidak menjadi masalah kalau kamu belok ke kiri atau ke kanan. "

Tepat sekali jawaban yang diberikan oleh sang kakek.
Tidak akan menjadi masalah jalan mana yang akan Anda pilih, selama Anda sendiri tidak memiliki suatu tujuan yang jelas dan pasti. Hidup ini memberikan pilihan yang tiada batas ke mana kita ingin tuju. Tengoklah bandara Soekarno Hatta, jika Anda tiba di terminal keberangkatan, lihatlah begitu banyak tujuan dengan pesawat yang berbeda ke banyak tujuan di seluruh dunia. Setiap pilihan akan membawa Anda ke tempat yang berbeda; hal yang sarna juga terjadi dengan pilihan hidup Anda. Dalam hidup, sering kali kita dihadapkan pada permasalahan seperti ini yang membawa kita ke arah yang tidak menentu. Salah satu sebab utamanya adalah karena kita tidak memiliki tujuan (goals) yang jelas sedari awal kita melangkah.

Hidup kita sama persis dengan permainan jigsaw, potongan-potongan kecil yang sengaja diacak agar supaya kita berpikir untuk meletakkannya pada posisi yang tepat. Manakala Anda mendapat suatu hadiah permainan jigsaw dengan 1.000 potongan kecil yang terpisah, Anda pasti tidak dapat merangkainya jika Anda tidak tahu hasil akhir dari gambar yang ingin Anda rangkai. Anda membutuh¬kan gambar akhir; otak Anda sama dengan permainan jiqsaw ini, ia haruss dapat melihat hasil akhir sebelum dapat mulai fokus merangkai gambar itu. Oleh karena itu, kita perlu melihat dengan jelas tujuan kita dalam pikiran kita