Wednesday, October 3, 2007

Intan Lahir dari Tekanan

Secara geologis, intan hanya bisa dihasilkan dari tekanan tinggi di dalam perut bumi. Tekanan yang tidak memadai hanya akan menghasilkan pualam, marmer atau bahkan hanya sekedar batu kapur.

Orang terbaik yang bisa Anda miliki, hanya bisa Anda peroleh dari serangkaian ‘tekanan bisnis’ yang menempanya. Tekanan ini bersifat alamiah dan bukan hasil simulasi pelatihan karyawan oleh para konsultan bisnis handal yang disewa divisi HRD perusahaan Anda. Tekanan ini adalah bagian tak terpisahkan dan terhindarkan dari proses bisnis yang ada. Tuntutan kustomer, tekanan persaingan bisnis dengan kompetitor hingga dorongan dari kolega adalah serangkaian ujian yang harus diterimanya.

Jadi, jangan manjakan kandidat ‘intan’ Anda, karena jika tidak, mungkin dia akan hanya menjadi sebongkah marmer atau lebih parah lagi hanya menjadi seonggok batu kapur. Batu kapur memang masih dibutuhkan, tapi akan sangat disayangkan jika berasal dari bahan yang bisa menjadi intan. Anda juga tidak bisa berlepas diri pada proses pembentukan intan ini. Setiap kesalahan pemrosesan bahan intan yang gagal menjadi intan adalah tanggung jawab Anda. Bukan reward berlimpah yang menghasilkan sebutir intan kualitis tinggi, namun justru tekanan bisnis alamiah yang melakukannya. Walaupun demikian, sebutir intan tetap harus diberikan penghargaan yang memang selayaknya harus dia terima